Laman

Senin, 25 April 2011

Es Krim Santan Tabur Keju

Tidak ada banyak pilihan untuk menikmati daging kelapa. Paling sering kita hanya mengolahnya jadi santan kemudian diolah lagi menjadi kue atau puding. Padahal santan ini mirip dengan krim yang didapat dari susu, baik dari rasa gurih, warna maupun kandungan lemaknya. Jika krim susu banyak diolah menjadi es krim lezat, mengapa kita tidak mencoba mengolah santan menjadi es krim? Berikut ini caranya.

Bahan:

3 butir kuning telur
100 gram gula caster
250 ml Santan kental
250 ml whipping cream
Keju cedar, diparut untuk taburan.

Cara Membuat:

Kocok kuning telur dan gula caster hingga creamy dan berwarna pucat. Masukkan adonan ini ke dalam mangkok stainless, kemudian masukkan mangkok ini ke dalam panci yang telah berisi air secukupnya untuk memanaskan. Pastikan mangkok cukup besar karena Anda akan menambahkan santan ke dalamnya.

Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan agak panas (bukan mendidih). Masukkan santan kental dan terus aduk hingga panas.

Angkat dari api, kemudian letakkan mangkok di dalam baskom yang telah diisi es batu. Biarkan sejenak agar dingin. Sambil menunggu, kocok whip cream hingga mengembang. Ketika adonan sudah dingin, masukkan whip cream ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur sempurna sambil taburi dengan parutan keju. Masukkan ke dalam wadah plastik kemudian bekukan selama 5-6 jam.
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar